Mainz menghabiskan tiga musim yang memabukkan di Bundesliga

Mainz menghabiskan tiga musim yang memabukkan di Bundesliga – Cukup waktu untuk kecerdasan taktis Klopp dan pesona menular untuk membuat kesan pada salah satu pria paling kuat di sepakbola Jerman.

“Ketika Anda harus bermain melawan Mainz, di satu sisi para pemain tidak terlalu bagus, tetapi di sisi lain sangat sulit untuk mengalahkan mereka karena mereka memiliki banyak semangat,” kata Hans-Joachim Watzke, kepala eksekutif dari Borussia Dortmund.

“Untuk masyarakat umum, dia membuat kesan nyata selama Piala Dunia 2006 ketika dia adalah seorang ahli di TV.

“Bagi orang Jerman itu adalah hal baru bahwa orang ini memiliki kompetensi analisis yang tinggi tetapi juga menjadikannya hiburan dengan banyak pesona. Fantastis.”

Setelah lebih banyak air mata saat ia mengucapkan selamat tinggal kepada para penggemar di alun-alun Mainz kunjungi Taruhan Bola, Klopp bergabung dengan Dortmund pada 2008 dan segera membentuk ikatan yang erat dengan penggemar ‘Tembok Kuning’ klub yang berapi-api di Westfalenstadoin berkapasitas 80.000-kapasitas mereka.

Memainkan merek dagang sepak bola “logam berat” khasnya sambil berteriak dan memberi isyarat dari luar area teknisnya, Klopp mengubah tim Dortmund yang sedang kesulitan menjadi salah satu pemandangan paling mendebarkan sepakbola Eropa, menyerbu gelar Bundesliga pada 2011 dan menindaklanjutinya dengan liga dan piala ganda pada 2012.

“Dia memberi tim semangat baru,” kata Watzke. “Dia memainkan gaya sepakbola lain untuk apa yang kami mainkan sebelumnya: agresif, menekan dengan kekuatan dan dengan empati di samping.

“Para penggemar dan para pemain mencintainya sejak saat pertama. Seluruh kota, seluruh wilayah di luar kendali.”

Status superstar Klopp diringkas dalam rekaman kamera helikopter dari puncak parade Dortmund yang memenangkan gelar pada tahun 2011. Dengan lagu ‘Kloppo du Popstar’ yang baru saja dituliskan meluncur keluar dari speaker, Klopp muncul melalui awan asap, menari di atas panggung di penerbang nuansa, sepatu bola ke kerumunan dan gelombang ke setiap wajah yang memujanya.

“Dia salah satu orang paling terkenal di Jerman,” kata teman dekat Uli Graf, penulis dan produser ‘Kloppo du Popstar’, yang mencapai nomor dua di tangga lagu Jerman.

“Tapi dia tidak ingin menjadi bintang pop. Dia adalah lelaki rakyat – bocah lelaki dari Hutan Hitam yang menjadi pahlawan.”

Graf menggambarkan liburan dengan Jurgen Klopp sebagai “kesenangan terbesar yang dapat Anda miliki”.

“Anda akan tertawa, bercanda, Anda dapat berbicara tentang politik, olahraga,” katanya. “Dia orang yang sangat cerdas dan pintar, kamu tidak perlu takut dengan apa yang kamu katakan.”

Pelatih sepakbola yang hebat, penari yang baik, dan teman liburan yang ideal. Tapi bakat Jurgen Klopp tidak berakhir di sana.

Jika sponsor Borussia Dortmund ragu-ragu untuk memperbarui kesepakatan mereka, mereka akan menerima telepon pribadi dari Klopp sendiri.

“Jurgen Klopp adalah impian orang pemasaran,” kata Carsten Cramer, yang adalah kepala pemasaran selama tujuh tahun Klopp di klub dan sekarang direktur pelaksana.

“Seseorang seperti dia yang bekerja untuk klub emosional seperti Borussia Dortmund sangat cocok. Dia mampu memberikan klub ini dan identitasnya wajah manusia.

“Dia adalah senjata, serba bisa dan dia mendukung kami dengan cara yang luar biasa. Para sponsor sangat tersentuh sehingga manajer Dortmund memanggil mereka sehingga mereka semua memperpanjang kesepakatan mereka.”

Lima tahun kemudian dari perpisahan yang menyakitkan, Cramer dan Watzke tetap berteman dekat dengan Klopp dan menjadi tamu di Kiev dan Madrid untuk kedua final Liga Champions Liverpool di bawah Jerman.

“Jika Anda bekerja bersama dengan orang seperti Jurgen selama tujuh tahun, akan lebih bohong untuk mengatakan Anda tidak merindukannya. Dia orang yang luar biasa,” kata Cramer.

“Tapi melihat bagaimana dia memberi harapan dan kekuatan tidak hanya untuk Liverpool Football Club tetapi juga ke kota membuat kami sangat bangga.”